Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas metus nulla, commodo a sodales sed, dignissim pretium nunc. Nam et lacus neque. Ut enim massa, sodales tempor convallis et, iaculis ac massa.

CONTACT INFO
  • Alamat: Jln Kapuk Muara No.103
    Jakarta Utara 14450
  • Phone: 021-99915530
  • Email: support[at]serayu.net


Please Follow Us

Bingung pilih warnet diskless atau atau local disk ? Silahkan Baca Dulu

img

Untuk para owner atau pengusaha atau calon pengusaha warnet / gamecenter pasti kita sudah mendengar istilah Diskless.
Seperti Namanya Diskless yg artinya Bebas / Tidak Menggunakan Hardisk yaitu dimana Komputer Clientnya tidak menggunakan Hardisk (local Disk).
Jadi Semua Client Menggunakan Hardisk yang ada pada komputer server Diskless. Server Diskless juga dapat difungsikan sebagai server billing .
Jika anda merasa bingung mau pilih mode diskless atau mode lokal disk, silahkan baca artikel ini sampe habis.

Apakah anda baru berniat untuk memulai atau membuka usaha warnet/Game Center dari nol ?

Jika jawabanya Ya, maka Mode Diskless layak anda jadikan pilihan. Silahkan anda hitung/kalkulasi dulu berapa Komputer Client Yang akan anda beli/rakit.Biasanya semakin banyak Komputer Client maka akan semakin hemat karena dari jumlah total hardisk yang anda beli. Server Diskles hanya Butuh  hanya 4 Hardisk saja.Kalkulasi Juga Harga Switch/Hub Gigabit (100/1000Mbps) dan Kabel jaringan CAT6/CAT7.Setelah itu anda kalkulasi Komputer Client Jika Menggunakan Hardisk (Local Disk).Disini anda akan melihat perbedaan harganya.

Apakah anda sudah punya warnet/dan game center dengan Mode local Disk (Pake Hardisk Di setiap Komputer Client)? Dan ingin beralih ke mode Diskless??


Jika jawabanya ya , maka langkah pertama adalah kenali hardware komputer dan jaringan anda.

  • Cek Semua Komputer Anda Apakah LAN Card nya Sudah Gigabit (Kecepatan data transfer 100/1000 mbps).
  • Cek Semua Bios Komputer Anda Apakah LAN Card nya Sudah Suport Boot Network (Booting Ke LAN Card) lebih bagus boot ke legacy LAN (LAN Card Ekternal).
  • Memory (RAM) minimum 2GB.
  • Periksa Kabel jaringan (Kabel LAN) Apakah CAT5, CAT5E , CAT6 ,CAT7. System Diskles Membutuhkan Kabel Minimum CAT6 yg bisa transfer data sd 10GB/detik.
  • Periksa Switch/Hub Lan anda apakah Sudah Gigabit 100/1000Mbps atau masih 10/100Mbps. System Diskles Membutuhkan Hub/Switch Gigabit Dengan Kecepatan Data Transfer 100/1000Mbps.


Silahkan Anda Kalkulasi kebutuhan anda apakah banyak perangkat yang akan diganti atau bahkan semua harus diganti, Atau system di Jaringan anda sudah siap untuk menerapkan mode Diskless.Disini Silahkan Anda Putuskan Sendiri.
 

Apakah betul server diskles butuh server yang sangat tinggi ??

Jawabanya Tidak juga, itu semua tergantung Berapa Banyak Client Yang akan Di Handle oleh server. Kebetulan Warnet Kawan Saya di daerah Jakarta Barat menggunakan system diskless menangani 20 client, komputer servernya hanya menggunakan procesor Core2duo dengan RAM 8 Gb itu sudah Cukup.
 
Apakah betul server diskles Harus Pake SSD ??

Jawabanya Sama Seperti Diatas Tidak Juga Tergantung Berapa Client Yang akan di Handle Oleh Server. Kebetulan Saya Sempat Test Di Warnet Teman Yang saya sebutkan diatas Servernya hanya pakai 4 Hardisk Biasa (SATA) Dengan Ram 8GB, Saya Nyalakan secara bersamaan 20 Client Hanya butuh Waktu 15-18 detik dari keadaan mati sampai Stanby Billing (Windows XP). Jadi menurut saya Untuk 20 Client kebawah Belum Perlu menggunakan SSD.
 
Kekurangan Dan Kelebihan Sytem Diskles.


Kelebihan:
Komputer Client aman dari kerusakan hardisk karena Nggak pake hardisk lagi.
Karena jika saya perhatikan Kerusakan Hardisk Paling sering dialami warnet karena kebiasaan pelanggan warnet yang main matiin / restart komputer setelah billing mereka habis.
Aman Dari Virus Sebab OS komputer Client Tersimpan Di server dalam bentuk Image.
Patch/update  Game Online Lebih Cepat Karena Cukup Patch DI Komputer Server.
Mengingat Patch/update adalah masalah sepele tapi bisa menjadi besar bayangkan jika anda mempunyai 50 client dan harus patch satu-satu itu pun kalo hanya 1 game yg di patch.

Kekurangan:
Jika Komputer Server Trouble/rusak maka warnet tutup :)

Selanjutnya semua terserah anda semoga artikel ini membantu.

loading...